Rabu, 13 Agustus 2014

Another New Beginning (PART II)

..Continued

Sebelum sampai diruang operasi, ada ruang transitnya dulu.. disitu saya bertemu dengan dokter anestesi yang menanyakan beberapa hal tentang alergi obat dan sebagainya.. lalu ada dokter apa lagi saya lupa.. Selesai soal anestesi dan dokter kandungannya dateng, kemudian ortu dan suami dibolehin masuk lagi keruang transit yang kemudian pamitan mau masuk ruang operasi.. disitu saya gak nangis karena Kenza udah dibawa kakeknya main..

okay, here we go again.. dioperasi lagi, dibelek lagi deh perutnya.. tap gak tau kenapa, operasi kali ini saya agak tegang dan gak sesantai waktu operasi sesar Kenza.. mungkin terlalu banyak yang dipikirkan.. what if the operation doesn't succeed? what if I die? how bout Kenza? suamiku bisa gak ya handle 2 anak sendirian kalo aku meninggal? banyaknya soal ketakutan meninggal pas melahirkan siih.. rasa gak siap ninggalin Kenza yang masih bergantung banget sama Amamnya.. Nah ternyata perasaan tegang itu berpengaruh sama detak jantung yang gak beraturan, terus pas mau dibius.. which is bius yang lumayan mengerikan.. bius suntik di tulang sumsum belakang.. harus diulang 2 kali karena aku yang kurang rileks menyebabkan disuntikan gak bisa masuk masuk.. huaaaahh.. sekali aja rasanya udah gak karuaan.. inii ampe 2 kali... alhamdulillahnya dokter anestesi saat itu suuper baik.. beliau udah sepuh sampai dokter dokter diruang operasi panggil beliau opung.. Saya pun ikutan panggil beliau opung.. Opung selalu ajak saya ngobrol.. tanya saya dulu sekolah dimana, skarang bekerja dimana, dsb yang bisa bikin saya lebih rileks..

Bius pun sudah berhasil, tim dokter mulai menghitung 1, 2, 3, 4, 5.. berulang ulang sampai kaki saya mati rasa.. Lalu selang oksigen dipasangkan kehidung saya.. Tiba tiba napas saya terasa berat.. punggung terasa pegaaallll banget.. kepala dingin.. sungguh gak enak banget rasanya.. saya gelisah dan lagi lagi terlihat di monitor detak jantung saya.. sampai akhirnya dokter tanya, "ibu yang rileks saja.." kemudian Opung mendekati saya sambil usap usap kepala saya.. Saya pun bilang, "Opung, napasku berat dan punggungnya pegal banget.. gak enak Opung". Lalu Opung membenarkan posisi bantal, kemudian meminta  dokter lain untuk memberikan suntikan (yang saya gak tau apa) ke infus saya.. Baru deh saya ngerasa rileks dan enak.. Dokter kandungan pun memberi kode kalau operasi akan dilakukan.. Bismillahirohmanirohim..

Dokter pun mulai "menggarap" perut saya, sambil pada ngobrol biasa.. Saya masih merasakan sesuatu menyentuh kulit, tapi gak merasakan sakit (yaiyalaaahhhhh..ngeri ajeee). Trus dokter bilang, "ayo bantu dorong.. waahh bayinya gede nih.." dan seketika perut berasa kosong, enteng.. trus Opung bilang, "bayinya sudah lahir, sekarang lagi dibersihkan dulu.." Alhamdulillah.. gak lama kemudian bayinya pun didekatkan pada saya lalu saya cium.. gak bisa IMD karena ruang operasinya super dingin dan bayinya kedinginan..

Another story, kalo pas lahiran Kenza.. setelah lihat bayinya, saya langsung ngefly tuh.. gak sadar.. sadar sadar udah dikamar dengan keluarga yang mengelilingi.. Naahh kalo ini mah ngga! saya masih tetep sadar dan bisa mendengar pembicaraan dokter, termasuk pas mereka kebingungan entah soal apa, "koq ini gini ya..? gimana nih?" trus saya dikasi obat tablet yang diancurin kemudian ditaro dibawah lidah saya.. eeeerrghhh sumpe itu gak enak banget.. gak tau itu fungsinya apa.. trus ada suntikan lagi ke infus saya.. yaudah lah, pasrah.. yang penting anakku dan selamat.. Lepas dari itu, saya "hilang".. ngefly..

Ehh bangun bangun pas tempat tidur didorong keluar ruang operasi.. bukan menuju kamar rawat, tapi ruang recovery.. Saya mikir, cepet banget gue pingsannya.. masih disini tapi dah sadar.. yaa walaupun masih gleyengan and everything seems in slow motion mode.. Suster suster masih terus memantau monitor jantung, yang kaya di film film deh.. ehh trus ya, ini mah intermezzo aja.. gak lama masuk lah anak kecil yang teriak teriak sambil nangis, "sakiittt..sakiitt..mama manaaa mamaaa.." rupanya dia abis operasi usus buntu.. gak tau deh gimana ceritanya ampe di anak bisa langsung sadar abis dioperasi trus langsung ngerasa sakit.. absurd deh gue..

And here it is, my beautiful princess baby girl.. Nafla Askana Budy.. Lahir 7 Juli 2014, berat 4,1 kg dan panjang 50 cm..


Mudah mudahan, sesuai namanya.. Nafla bisa menjadi Perempuan yang baik, dan penuh keberkahan.. Aamiin.. Welcome to the world Princess Nafla.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar