Rabu, 05 Februari 2014

Membawa Si Kecil Umroh (I)

Assalamualaikum Beautiful,

Aku mau cerita nih pengalamanku umroh kemarin sambil membawa si kecil Kenza. Oiya, aku juga belom sempet cerita niihhh.. kalo aku alhamdulillah sedang mengandung anak kedua.. alhamdulillah usiakandunganku saat ini sudah 4 bulan.. benar benar anugerah yang sangat indah yang Allah berikan pada kami,dan inshaa Allah di waktu yang paling tepat... karena emang pengen punya anak yg jaraknya gk terlalu jauh, paling gak beda 2 tahun deh.. dan alhamdulillah Allah mengabulkan.. sekarang Kenza berubur 16 bulan san aku hamil.. subhanallah..

Yak, jadi ini pengalaman umroh dmana aku sedang hamil dan membawa bocah kecil.. waktu awal merencanakan perjalanan umroh ini, aku belum tau kalo aku hamil.. jadi pas tau hamil, yaa sudah.. mau gimana lagi.. lillahi ta'ala saja.. bismillahirohmanirohim.. sejak awal aku sudah memasrahkan semuanya pada Allah SWT.. Kesehatanku, kandunganku dan Kenza.. meminta Allah yang menjaga..

Persiapan:
Banyak hal yang harus disiapkan, terutama karena perjalanan umroh itu bukan sekedar perjalanan wisata semata.. tapi juga ibadah.. belum lagi perjalanan panjaaaaaang menuju tanah suci.. berikut beberapa persiapan yang mungkin dihadapi ketika akan berumroh:

1. Passport, visa, dan segala kelengkapan si kecil.
Kalo untuk urusan ini, memang kita tinggal terima beres aja karena sudah diurus oleh pihak travel yang kita pilih. Sekedar informasi, berhubung Kenza mash dibawah 2 tahun.. jadi Kenza cuma bayar beberapa persen dari harga tiket dan biaya pengurusan visa. Ditotal total kurang lebih kemarin untuk Kenza kami membayar USD 800. Itu pun untuk seat pesawat kami meminta seat paling depan agar lebih nyaman diperjalanan dan supaya Kenza bisa bebas jalan2 dikoridor.

2. Suntik Meningitis
Sudah umum memang, untuk calon jemaah umroh dan haji untuk melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat umroh. Gunanya untuk mencegah penularan virus tersebut. However, tidak ada vaksin meningitis khusus untuk balita. Tapi, alhamdulillah Kenza vaksinnya sudah lumayan lengkap termasuk vaksin HIB dan PCV.. yang saya baca, dalam vaksin HIB dan pnemococcus sudah ada anti meningitisnya juga.. jadi saya tinggal minta surat keterangan dari DSA nya Kenza bahwa Kenza sudah mendapat vaksin2 tsb. Kemudian nanti surat keterangan tersebut diberikan ke pihak petugas kesehatan (duh saya gak tau deh namanya apa itu) pokonya kasih ke dokter yg ada di Halim tempat suntik meningitisnya.
Berhubug saya juga lagi hamil, saya pun gk boleh suntik meningitis. Dan saya minta surat keterangan dari SpOG yang juga nantinya diberikan ke dokter di bandara Halim..

3. Persediaan obat obatan.
Saya meminta persediaan obat obatan untuk Kenza kepada DSAnya. Beliau membekali kami parasetamol, obat flu dan alergi, obat diare dan obat batuk. Selain itu saya juga bawa persediaan vitamin, bye bye fever, dan obat obatan lainnya. Bukan berharap sakit atau gimana, ya namanya juga kan persiapan. Paling tidak, siapa tau nanti disana ada jamaah lain yg anaknya butuh, jadi kita bisa bantu. Ya kaaannnn..

4. Pakaian.
Waktu packing untuk Kenza lumayan heboohh.. karena anak ini lumayan sering gant baju dan ganti pampers. Untuk perjalanan 9 hari, setelah dihitung hitung, kami perlu kurang lebih 30 celana dalam, 30 kaos dalam dan 100 pampers.. haahaaha..heboh bgt yaakk.. belom lagi piyama, baju pergi, baju santai.. gaswat dahh.. tapi ya udahh, buat saya mending lebih dari pada kurang kaaann.. yaiya doong.. jadi we try our best to fulfill the "quota".. hehe.. oiya, kita juga perlu tahu di tqnah suci cuacanya lagi seperti apa. Kalau pas aku berangkat, kebetulan lagi musim dingin. Di Madinah bisa 10-15 dercel, di Mekkah masih 20an dercel. Jadi kenza bawa jaket jaket atau mantel tebal, sarung tangan, kaos kaki, semua perlengkapan musim dingin deh pokonya.

5. Susu dan Makanan.
Berhubung saya sudah hamil lagi, jadi Kenza juga udah gak nenen lagi. Sekarang dia minum UHT, susu Ultra putih. And you know whatt?! Dalam sehari semalem tuh kenza bisa menghabiskan 1,5 liter susu uht. Dan untuk perjalanan 9 hari, minimal harus bawa 12 liter!!! Wihiiww.. dan akhirnya kami pun memutuskan untuk membawa, 15 liter ajuaahh.. alias 15 pack yang penempatannya disebar dibeberapa koper. Jadi gak frontal ditaro di satu koper, nanti dikira mau jualan ama orang Arab kaann.. untuk makanan juga, bawa cemilan cemilan, sereal, makanan makanan instan.. ya berharap sih disana gak kemakanan makanan instannya ya..

6. Mainan.
Yup kenza pun bawa mainan mainan kesayangannya.. seperti mobil2an yang bisa joged, boneka mikimos dan zebba kesayangannya, selimut kesayangannya.. pokonya supaya tetep feels like home even tho not even close yaa.. at least apapun yang bisa bikin dia nyaman..

Agaknya sekian dulu ya posting tentang persiapan, udah lumayan panjang.. dan maaf gk ada fotonya.. inshaa Allah di posting berikut ada fotonya yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar